FOOD THAT WE LOVE · Health · Parenting · Uncategorized

Boleh kah memberikan si kecil FAST FOOD, selama si Mbak Mudik Lebaran? (RESEP: MAC’nCheeze Chicken Nugget)

Hai moms,

Momen spesial seperti lebaran yang baru saja berlalu diwarnai dengan kentalnya silaturahmi kumpul keluarga. Begitu juga dengan si mbak atau asisten rumah tangga yang ijin untuk mudik lebaran agar dapat berkumpul dengan keluarga mereka di kampung halaman.

Ini kemudian menjadi salah satu masalah yang kerap menghantui banyak Ibu saat Lebaran. Mudiknya asisten rumah tangga membuat kita para Ibu jadi kewalahan.

Menurut survei yang dilakukan GroupW dan Prisma PR, sebanyak 94 persen keluarga akan ditinggalkan sementara oleh asisten rumah tangganya. Temuan ini juga mengungkapkan bahwa mayoritas asisten rumah tangga (87 persen) akan mudik selama tujuh hari atau lebih. Sedangkan sekitar 26 persen dari mereka akan mudik selama 10 hari atau lebih. (source: http://www.cnnindonesia.com)

Salah satu masalah yang saya alami selain pekerjaan cuci gosok dan bersih-bersih adalah MASAK. Sebagai seorang Ibu bekerja, dimana beberapa hari lepas lebaran langsung masuk, sementara si Mbak masih mudik, saya harus dapat mempersiapkan masakan sepraktis mungkin namun tetap memperhatikan kebutuhan nutrisi anak tercukupi.

gak lucu kan pas ga ada mbak, lalu anak malah jadi kurus hehe ūüôā

Selama ini konsep yang saya gunakan ada konsep My Plate yang menggambarkan sebuah piring yang dibagi menjadi empat bagian dengan empat warna berbeda.

usda20my20plate-984891711_v2-grid-4x2

Perlu kita ingat moms, menu makan anak tetap membutuhkan susu atau makanan lain yang mengandung susu (seperti keju atau yogurt). Hal ini juga berhubungan dengan salah satu pedoman diet anak yang dapat mengkonsumsi berbagai makanan untuk dimakan, tetapi tidak dengan porsi besar karena dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan obesitas.

Nah, terus kok pengen nutrisi seimbang tapi anaknya dikasih makan FAST FOOD? Belive it or not moms, ini salah satu kelirumologi yang banyak disekitar kita. Ibu menghindari sosis dan nugget, karena menganggap FAST FOOD itu gak bergizi.

Banyak yang menganggap bahwa fast food sama seperti junk food, padahal ada beberapa hal yang membedakan kedua jenis makanan tersebut lho momss. 

Pertama yang bisa dibedakan dari bahan yang digunakan. Fast food sering kali memakai bahan makanan yang sehat dan bernutrisi, serta dalam kondisi yang segar. Sementara junk food menggunakan makanan yang kurang bernutrisi, banyak mengandung kalori saja, dan biasanya ga seger lagi.

Keduanya moms, sama-sama dimasak dan dihidangkan dalam waku cepat, namunnn kita harus pinter-pinter memilih mana yang mengandung nutrisi yang diperlukan oleh anak, gak cuma kenyang ajaa.

Fast food yang sehat adalah yang mengandung serat, karbohidrat dan protein rendah lemak. Sebaiknya pun mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Fast food yang menjadii kecintaan saya dan keluarga salah satunya adalah¬†SO GOOD.¬†Semua pasti gak asing lagi dengan jargon “so good is very good”¬†yang diusung oleh So Good. Seluruh produk so good, seperti¬†chicken nugget sudah melewati proses masak pada suhu¬† 170¬į C selama tidak kurang dari 3 menit, langsung dibekukan cepat untuk menjamin kesegaran, kelezatan, dan nutrisi kandungan daging olahannya.

Salah satu yang aku suka di So Good Chicken Nugget adalah “chick ‘n veggie Nugget”¬†nugget dengan bentuk sayuran yang menarik ini mengandung banyak gizi lebih untuk si kecil lho moms.¬†Cocok untuk sikecil yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Berbeda dengan nugget lainnya, terdapat potongan sayuran kacang polong dan wortel yang berpadu di dalam kandungan daging ayam yang tebal, lembut dan lezat. Memberikan tambahan asupan protein nabati yang baik, kaya akan serat dan kandungan Vit A yang baik bagi mata, gigi & kulit anak moms.

so good
salah satu rekomendasi myplate untuk selalu memperhatikan infomasi gizi di kemasan makanan ya moms,…

Nah, sekarang aku akan share resep praktis, dan dijamin sikecil pasti akan minta tambah lagi tambah lagi. Cocok untuk moms, yang kemampuan masaknya kelas SD kayak saya ūüėõ praktis bergizi dan enak.

Tidak akan terganti dan ternilai momen saat anak makan masakan kita dengan lahap, dan bilang “makasih mama, enak banget”

Aku beli So good Chicken Nugget di supermarket dekat rumah, seperti biasa (yang follow instagram aku pasti hapal) aku selalu melibatkan Celina dalam setiap proses masak, agar dia jadi semakin lahap makannya.

IMG_1052[1].JPG

Kali ini aku ga mau masak chicken nugget, digoreng begitu saja. Seperti guideline My Plate, aku akan memsakanya, agar gizi yang sudah baik dari so good chicken nugget juga disajikan lebih maksimal. So I decided to cook, super fun chicken nugget casserole.

Semua anak pasti suka chicken nugget dan Mac ‘n Cheese kan?¬†So,¬†aku mengkombinasikan kedua makan favorit ini. Dan hasilnya totally amazing!!. it was perfect fot the kids friendly food.

IMG_1199
walaupun kemampuan masak gak bisa bikin cantik, tetap terus usaha ya moms masak untuk si kecil dan keluarga

Ini yang Moms butuhkan:

10¬†So good Chick ‘n Veggie Nugget

2 cups macaroni

Cheddar cheesse (aku pakai yang melted moms)

milk

wortel sebagai garnish (potong dadu keci) *optional

IMG_1198

how to make it? here we go

  1. Goreng¬†So good Chick ‘n Veggie Nugget¬†sesuai dengan petunjuk pada kemasan.
  2. Sambil menunggu chicken nugget kita matang, rebus pasta sesuai dengan petunjuk (kira-kira 6 menit)
  3. Tiriskan pasata dan pada panci yang sama masukan 1 sendok makan mentega, dan keju cheddar yang sudah dicincang dan 1 sendok makan susu.
  4. Masak dengan api kecil, hingga keju kita melted dan tercampur rata dengan macaroni
  5. Begitu chicken nugget kita matang, potong-potong chicken nugget menjadi dadu, dan campur kedalam macaroni n’ cheese.
  6. Susun dan tata ke piring favorit si kecil.
  7. Enjoy!
IMG_1200
ngajakin si anak masak kejunya malah dimakanin haha
IMG_1201.JPG
ini adalah kasil yang ditunggu setiap masak untuk celina. CELINA MAKAN LAHAP. yeayyy

Dijamin deh si kecil pasti suka, Celina dan sepupunya Naya, nambah lagi dan lagi. Anak dapat protein baik, dapat karbohidrat kompleks yang cukup, sayur-sayuran, dan juga dairy yang cukup ditiap penyajian.

Ga perlu repotm gizi anak tetap terpenuhi.

anak senang , Ibu senang

IT’S VERY GOOD

 

 

CHEERS,

 

icha @annisaramalia

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s