Health · pregnancy · Uncategorized

Jangan Sepelekan Anyang-anyangan, YUK Cegah dari sekarang! PART 2 (Tips & Trik)

Hai moms,

Apakah kamu pernah merasakan Anyang-anyangan, rasa ingin terus-menerus dan tidak nyaman dan sakit saat berkemih?

Infeksi saluran kemih (ISK) atau yang biasa disebut anyang-anyangan merupakan infeksi yang disebabkan karena naiknya bakteri melalui uretra masuk ke saluran kemih. Saya sudah pernah share mengenai ISK ini, mulai dari apa itu ISK, gejala, pengobatan dan lainnya di post sebelumnya. Klik disini yuk untuk yang belum baca.

Perlu kita ketahui, Infeksi Saluran Kemih, merupakan penyakit yang mengenai 5 dari 10 wanita di Indonesia lhoo. Hal ini disebabkan karena anatomis saluran kemih wanita yang lebih rentan terhadap ISK (source : Uricran). Sayangnya Infeksi Saluran Kemih ini, sering kali disepelekan oleh mitos-mitos yang beredar di masyarakat.

Tidak sedikit masyarakat yang menganggap ISK atau yang dikenal dengan anyang-anyangan, ada hal yang biasa saja, padahal jika dibiarkan dapat menyebabkan kerusakan ginjal permanen, atau jika terjadi pada Ibu Hamil dapat menyebabkan bayi lahir premature. Seperti yang aku singgung di post terdahulu.

Berita baiknya, ISK dapat DICEGAH, banyak sekali panduan terpercaya yang dapat membantu kita wanita untuk mencegah terjadinya ISK. Sekarang aku akan sedikit rangkum beberapa guidelines yang aku dapat dari MedScape, WebMD, MayoClinic agar kalian mudah bacanya…

***Hygine

Unjuk tangan yang sering membersikan our area down there, dengan air disemprot dari belakang?? Atau tanpa sadar, melap dari belakang ke depan. Kebiasaan ini dapat membawa bakteri E.coli dari anus, ke bagian uretra saluran kemih kita lho. Nah,ini juga menjadi salah satu resiko penyebab Infeksi Saluran Kemih.

Always wipe from the front to the back after using the bathroom.

So, selalu ingat untuk mencuci dan melap area kita dari depan ke belakang. Jangan mencoba untuk membersihkannya dari arah belakang, karena bakteri dapat berpindah lewat tangan kita dan tissue yang kita gunakan. Sehabis buang air besar, bersihkan area anus dengan seksama, dan keringkan dengan tisu dari depan ke belakangDon’t use the same tissue twice!!.

Yang paling efektif adalah hindari berkemih dengan jarak waktu yang terlalu lama. Jadi usahakan untuk berkemih paling tidak setiap 4 jam setiap hari, walaupun “gak kebelet”. Juga penting, untuk tidak menahan pipis terlalu lama.

 

***Pakaian

Hindari untuk pakai pakaian ketat atau fit body dengan bahan yang nonbreathable. Bahan seperti ini, dapat menyebabkan area V kita menjadi lembab, dan meningkatkan pertumbuhan bakteri. Pakaian dalam dengan bahan katun lebih disarankan untuk digunakan sehari-hari.

top-sale-sports-women-cotton-loose-running-pants-colorful-athletic-trousers-fashion-soft-comfortable
Celana berbahan katun yang longgar, agar area V mu bisa bernapas

***Activities

Apabila kita sedang melakukan olahraga berat dan aktif secara fisik, pastikan untuk lebih banyak minum air putih, dan rutin untuk berkemih (jangan tunggu kebelet!!)

Nah, untuk moms, yang pastinya sudah sexually active, kita harus membersihkan area V, segera setelah berhubungan, dan usahakan untuk berkemih setelahnya.  Minum 2 gelas air setelah berhubungan juga sangat dianjurkan.

jogging

***Diet

Minum lebih banyak air. Menurut peneliti, meningkatkan konsumsi cairan akan meningkatkan jumlah produksi urin, sehingga dapat mem-flush bakteri di saluran kemih (Source: Mayoclinic.org). Mulai dengan 1 ekstra gelas setiap sesudah makan. Apabila warna urin kita lebih gelap dari kuning bening, tandanya kita tidak mengkonsumsi cairan yang cukup, jadi tingkatkan konsumsi cairan kita.

Kurangnya konsumsi cairan setiap harinya, dapat meningkatkan resiko terjadinya Infeksi Saluran Kemih pada wanita (Rudaitis 2009), namun sayangnya meningkatkan minum air saja, tidak memberikan efek proteksi terhadap bakteri yang dapat menyebabkan Infeksi Saluran Kemih (Beetz 2003). (Source: Lifeextension)

Nah, ada satu hal lagi yang sudah bertahun-tahun dibuktikan efektif mencegah terjadinya Infeksi Saluran Kemih, yaitu buah cranberry.

cranberry-juice-625_625x350_81455696083
Source : pinterest

Menurut penelitian sebelumnya, melaporkan bahwa dalam 8 jam konsumsi jus cranberry, ini dapat mencegah bakteri penyebab infeksi saluran kemih berkembang biak. Beberapa penelitian yang dilaporkan WebMD, dilaporkan terdapat komponen aktif pada jus cranberry yang tidak dihancurkan oleh sistem pencernaan setelah diminum, melainkan komponen tersebut bekerja melawan bakteri, termasuk E. coli.

Penelitian terbaru, menyatakan bahwa substansi pada jus cranberry dapat menjangkau saluran kemih dan mencegah perlekatan bakteri pada dinding saluran kemih dalam waktu 8 jam setelah dikonsumsi. (WebMD.com) Ini ditemukan oleh peneliti, dari the Worcester Polytechnic Institute in Massachusetts, yang mengembangkan strain bakter E. coli dari sampel urin pada individu sehat, sebelum dan sesudah mereka minum jus cranberry.

Penelitian lainnya oleh Jepson 2012, juga menemukan kandungan yang ada dalam cranberry yaitu proanthocyanidins, dapat mencegah perlekatan atau adhesi bakteri khususnya E.coli pada dinding saluran kemih. Nah, dengan mencegah bakteri E. coli melekat, proanthocyanidins dapat mencegah bakteri tumbuh dan berkembang, dan menyebabkan infeksi pada saluran kemih.

McMurdo 2005 menyatakan dengan mengkonsumsi produk cranberry, relatif mudah dan murah, alami dan tidak akan menyebabkan antibiotik resisten karena konsumsi AB yang tidak tepat pada ISK.

Di Indonesia sendiri, buah cranberry bukan buah-buahan yang natural ada di Indonesia. Sehingga sulit sekali untuk mendapatkan buah yang hanya ada di Amerika Utara dan Kanada ini. Padahal kita sudah tahu, dengan mengkonsumsi buah cranberry dapat menurunkan resiko terkena ISK atau anyang-anyangan. Dan cranberry , karena merupakan bahan yang alami, aman dikonsumsi pada wanita hamil, yang sering sekali mengalami anyang-anyangan.

Gak usah khawatir karena sekarang di Indonesia, kamu bisa mendapatkan ekstrak cranberry, berupa tablet kapsul dan juga sachet powder. Salah satunya adalah Prive  URI-CRAN yang merupakan produk keluaran PT. Combiphar yang sudah terpercaya sejak dulu.

Prive Uri-cran ini terdiri dari 2 jenis, dengan kemasan yang mudah dikonsumsi. Yang pertama Uri-cran Capsule yang dapat diminum kapan pun, dan mudah dibawa kemana aja, dan Uri-Cran Plus  yang berbentuk sachet powder, yang enak banget diminum dengan air dingin lhoo.

One study found that both cranberry juice and cranberry tablets were effective at reducing urinary tract infections (compared to placebo) in women who developed at least one UTI per year. This study also found that cranberry tablets were a more cost-effective option compared to cranberry juice (Stothers 2002).

****Uri-Cran Capsule

Ini terdiri dari 30 kapsul per Box, yang dapat dikonsumsi 1-2 Kapsul / Hari. Uri-cran kapsul mengandul 250mg ekstrak Cranberry

img14
Source: http://www.Uricran.co.id

****Uri-Cran Plus

Ini berupa sachet bubuk ekstrak Cranberry. Kenapa di sebut plus, karena selain mengandung 375mg ekstrak Cranberry (lebih banyak jika dibandingkan Uri-cran capsule pada dosis sekali minum), Uri-cran Plus juga mengandung Probiotik atau Bakteri baik, yaitu Lactobacillus Achidopillus dan Bifidobacterium bifidum per dosis minumnya. Bisa dikonsumsi 1-2 sachet / hari.

IMG_8413

Another study found that consuming cranberry juice three times per day produced a trend towards reducing the incidence of UTIs during pregnancy (Wing 2008).

Probiotik yang terkandung dalam Uri-Cran Plus, yaitu salah satunya Lactobacillus bacteria telah terbukti dapat menstimulasi sister immune dan mensekresi substrat yang dapat membunuh bakteri penyebab ISK, yaitu salah satunya hydrogen peroksida. (Darouiche 2012)

Kalau saya pribadi lebih memilih tipe PLUS PLUS, yang sachet powder, selain karena kandungan yang lebih lengkap, dengan ekstrak cranberry yang lebih banyak sekali minum, dan probiotik yang sudah terbukti efektif mencegah ISK, juga karena berasa minum jus enak dingin dingin. Tinggal aduk pake air dingin kasih es, segeeerrr banget.

Pertama cobain, waktu itu dapat sampel gratis 3 sachet dari Uri-cran, dan BloggerPerempuan Network, dan karena rasanya yang enak manis dan asamnya PASS, dan mulai berasa manfaatnya buat kulit juga, serta jadi makin menyadari bahwa lebih baik mencegah daripada mengobati bukan. Saya sekarang rutin, minum Uri-Cran 1 kali sehari, kalau bosen di jus, bisa bikin kreasi minuman lain juga (nanti ku share deh resepnya hihi)

IMG_8418
Box Kedua Uricran nih, satu box isi 15 sachet

IMG_8414

IMG_8422
percaya deh minuman sehat ga pernah seenak ini 🙂

Walaupun sudah tidak anyang-anyangan lagi, dengan rutin meminum uricran, dan meningkatkan konsumsi air putih, saya memilih untuk mencegah ISK kebanding merasakan sakitnya lagi. Gak kuku banget, apalagi sekarang sedang program hamil, pengennya hamil sehat,pasti akan mengandung bayi yang sehat juga kan.

Karena kandungan Uri-Cran yang alami, boleh dan aman kok jika ingin dikonsumsi oleh anak-anak, Bumil dan Busui. Tapi kalau anak-anak, Celina kurang suka rasa asamnya, jadi kalau saya lagi bikin milkshake campur Uri-cran Plus, celina baru mau ikutan minum.

FYI, untuk yang ingin info lebih lanjut mengenai Uri-cran Capsule dan Uri-cran Plus. Bisa kunjungi mereka di, dan follow semua social media akunnya ya:

website : http://www.uricran.co.id

Facebook Fan Page: Prive Uri-cran

Instagram : @uricran.id

Kalau ingin membeli uri-cran dan mencobanya, saat ini Uri-cran sudah mudah ditemukan di drugstore di sekitar mu, seperti Guardian, Watson, dll. Ohya sekarang kamu bisa mendapatkan free-gift dengan mengumpulkan Struk pembelian uricran mu lho di website resminya URICRAN, petunjuknya ada di instagram. Yuk tunggu apalagi.

So moms, if you enjoy drinking cranberry the way i do, and feel it helps you, just remember to watch the calories yaw :P.

 

Cheers,

 

 

 

icha @annisaramalia

disclosure: This information (and any accompanying material) is not intended to replace the attention or advice of a physician or other qualified health care professional.

 

Advertisements

2 thoughts on “Jangan Sepelekan Anyang-anyangan, YUK Cegah dari sekarang! PART 2 (Tips & Trik)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s